menu drop down

Selasa, 20 Desember 2016

Menghargai Karya Orang Lain

Menghargai Karya Orang Lain  

A. Pengertian Menghargai hasil karya orang lain 
merupakan salah satu upaya membina keserasian dan kerukunan hidup antar manusia agar terwujud kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan menghargai sesuai dengan harkat dan derajat seseorang sebagai manusia. Menumbuhkan sikap menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang terpuji karena hasil karya tersebut merupakan pencerminan pribadi penciptanya sebagai manusia yang ingin dihargai. B. Menghargai Karya Orang Lain 
1. Berkarya artinya melakukan atau mengerjakan sesuatau sampai menghasilkan sesuatu yang menimbulkan kegunaan atau manfaat dan berarti bagi semua orang. 
2. Dasar dogmatik (Al Quran dan Hadits) berkaitan dengan menghargai karya orang lain. 
3. Urgensi atau kepentingan menghargai karya orang lain. Dalam menghasilkan sebuah karya, seseorang harus melalui proses-proses tertentu yang tidak mudah. Karena itulah kita patut memberikan penghargaan terhadap orang tersebut. 
4. Perilaku yang menunjukan bentuk penghargaan dan pengabaian terhadap karya orang lain. Perilaku yang menunjukan bentuk penghargaan dapat dilakukan dengan cara menggunakan karya tersebut dengan baik dan mengakui bahwa hasil karya tersebut adalah buatan si penemu, tidak merusak, tidak meniru, tidak memalsukan karya orang lain, menghindari perasaan dengki atas prestasi orang lain, dan meneladani prestasi yang telah dicapai. 
5. Bahaya mengabaikan karya orang lain (tidak menghargai orang lain).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar